Penghias kota sebagai ‘visual hub’ pembentuk identitas kota

Penghias kota beraneka ragam dalam bentuk dan skala. Sebagai ‘visual hub’ yang sifatnya ‘intangible’, tidak terukur namun dapat dirasakan, kadangkala pada awalnya dirancang  untuk memperindah kota semata dengan detilnya yang menarik dan mengandung cita rasa seni yang tinggi, atau sebagai tempat ‘memorial centre’,  jembatan penghubung, maupun tempat tinggal atau rekreasi. Namun seringkali penghias kota tersebut akhirnya memperkuat dan membentuk identitas kota dengan landmarknya, bahkan seiring  dengan berjalannya waktu, penghias kota tersebut bernilai sejarah yang tinggi.

Penghias berupa lampu warna-warni di suatu sudut kota di Brighton,Inggris, tepatnya di bawah suatu jembatan di dekat stasiun kereta api, memberikan kesan indah dan  ciri khas  untuk kawasan ini.

Di suatu sudut kota di Brighton
Di suatu sudut kota di Brighton

Kemudian penghias kota Air Mancur di satu sudut taman kota di Brighton selain menambah asri, juga memberikan kesan sejuk di suatu siang yang cukup panas.

 Penghias kota di satu sudut taman kota di Brighton,
Penghias kota di satu sudut taman kota di Brighton,

Contoh yang lain berupa penghias lampu kota yang berbentuk ikan cukup detil di satu sudut kota London, memperindah tiang lampu penerang jalan.

Penghias lampu kota yang cukup detil di satu sudut kota London,
Penghias lampu kota yang cukup detil di satu sudut kota London,

Salah satu penghias kota berupa patung burung emas dengan latar belakang London Eye memberikan kesan agung pada kawasan tepi sungai Thames.

Penghias kota berupa patung burung emas.
Penghias kota berupa patung burung emas.

Contoh berikutnya untuk penghias kota dalam skala yang berbeda dapat ditemukan pada  gazebo. Gazebo di salah satu sudut pantai di Brighton memberikan kesan keindahan tersendiri di tepi pantai. Selain memberikan kesan tidak monoton, gazebo ini memberikan keteduhan  visual sekaligus menjadi tempat peneduh bagi pengunjung pantai.

Sudut yang lain dari gazebo di tepi pantai
Sudut yang lain dari gazebo di tepi pantai

Sudut yang lain dari gazebo di tepi pantai ini memberikan bingkai panoramic bagi pantai di belakangnya.

Gazebo di salah satu sudut pantai di Brighton
Gazebo di salah satu sudut pantai di Brighton

Contoh yang lain adalah patung di Eldon Square yang merupakan salah penghias dan penanda kota di Newcastle.

Patung  di Eldon Square
Patung di Eldon Square

Patung ini sekaligus sebagai tempat atau monumen untuk mengenang para korban pada saat Perang Dunia I. Untuk memperindah kota, tugu yang dibangun tahun 1923 ini selain berbentuk manusia yaitu St. George yang sedang bertarung dengan naga, juga memiliki detail ukiran lambang keadilan dan perdamaian pada sisi samping, sekaligus gambar singa pada sisi depan.

Dalam skala yang lebih besar, misalnya bangunan  terdapat beberapa contoh seperti Tamansari Yogyakarta ataupun Royal Pavilion di Brighton, Inggris.

Satu sudut Tamansari Yogyakarta.
Satu sudut Tamansari Yogyakarta.

Tamansari Yogyakarta sebagai salah satu taman bagi keluarga kraton ini sekaligus sebagai penghias kota.

Sudut lain dari Taman Sari
Sudut lain dari Taman Sari

Bentuknya yang unik, sebagai tempat pemandian putri kraton pada jaman dahulu memberikan kesan sejuk di hari yang terik. Taman ini sekaligus sebagai cagar budaya yang harus dilestarikan.

Royal Pavilion Brighton merupakan ikon yang menghiasi kota kecil Brighton sejak 1787 dikenal awalnya sebagai istana kerajaan  dan tempat beristirahat Prince George, Pangeran Wales.

 Ikonik yang menghias kota kecil Brighton

Ikonik yang menghias kota kecil Brighton

Bentuknya yang unik, berbentuk kubah,  membuat bangunan ini menjadi ikon bagi kota Brighton. Contoh terakhir dalam bentuk bangunan adalah Kastil Edinburg. Kastil yang didirikan di atas bukit batu ini merupakan penghias kota sekaligus landmark dan bagian sejarah dari kota Edinburg bahkan Skotlandia. Didirikan sejak millennium pertama, kesan kastil yang kokoh dapat terlihat pula dari taman Princess Street Garden yang dilengkapi dengan patung  dan  terletak di bawah kastil tersebut.

Kastil Edinburg
Kastil Edinburg

Dalam bentuk dan fungsi yang berbeda, penghias kota bisa juga berupa  London Eye. Salah satu penghias dan penanda Kota: London Eye tidak sekedar penghias kota namun dapat juga dikatakan sebagai penanda kota dengan ciri khasnya. Selain itu ,  dengan ketinggiannya yang mencapai 135 meter, orang akan dapat melihat sebagian kota London.

Penghias dan Penanda Kota: London Eye
Penghias dan Penanda Kota: London Eye

Kemudian contoh yang lain sebagai bagian dari penghias kota adalah jembatan, terutama jika berbentuk unik dan menarik. Di salah satu sudut kota di Newcastle upon Tyne, tepatnya di Tyne Bridge, tidak saja sebagai penghias dengan wujud jembatan baja berbentuk lengkung namun juga salah satu ikonik ‘Geordie’, demikian disebut orang yang bertempat tinggal di Inggris bagian timur laut ini.

Tyne Bridge
Tyne Bridge

Jembatan ini sekaligus sebagai penghubung antara Newcastle upon Tyne dan Gateshead, mulai beroperasi setelah diresmikan oleh Raja George pada tahun 1928. Kembali ke kota London, Tower Bridge merupakan jembatan Sungai Thames di daerah Southwark,London. Bentuknya yang unik sebagai jembatan gantung tidak saja sebagai penghubung, namun juga sebagai penguat kesan kota London dan mengesankan bagi setiap orang yang melihatnya.

Tower Bridge ini merupakan jembatan Sungai Thames di daerah Southwark,London  .
Tower Bridge ini merupakan jembatan Sungai Thames di daerah Southwark,London .

Akhirnya penghias kota menjadikan kota tidak saja semakin indah, namun juga memperkuat kesan siapa saja yang berkunjung ke kota tersebut. Oleh karena itu, setiap kota akan lebih baik jika memiliki penghias kota yang menjadi ciri kota tersebut, berbeda dengan kota yang lain. Perancangan sudut keindahan kota  baik dalam skala detil maupun  skala yang lebih besar yang bersifat  ‘visual hub’ menjadi penting untuk diperhatikan

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top